Selasa

Cara Mencangkok Jeruk Lemon

     Jeruk adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C, selain itu jeruk memiliki berbagai macam jenis diantaranya adalah Jeruk Lemon. Jeruk lemon adalah jenis buah yang jarang kita temukan di pasar tradisional, pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Mencangkok Jeruk Lemon.

   Mengapa saya mengambil tema Jeruk Lemon...?
Karena di dalam Jeruk Lemon terdapat kandungan zat yang dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh akan fit, tidak mudah meriang, tidak gampang flu.

OK kita lanjutkan....

     Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih batang yang pas, yang sudah agak besar dan agak tua, dengan demikian agar proses pencangkokan bisa maksimal. Pilihlah yang kira kira batangnya sesuai dan sudah jarang terdapat durinya. Tidak muda dan tidak tua.


Cara mencangkok jeruk lemon
Batang Lemon



     Langkah kedua, setelah menentukan batang yang mau dicangkok, lalu kupaslah batang tersebut dengan kira kira panjang 10 cm, dengan kedalaman hingga kelihatan batang bagian dalam yang berwarna agak keputih putihan (kambium).  Kupaslah secara merata melingkar seluruh batang.


Mencangkok jeruk lemon
Batang yang sudah dikupas - Kambium






     Langkah  ketiga adalah siapkanlah tanah dan plastik serta tali, lalu tempelkan tanah secukupnya pada batang tersebut yang telah di kupas tadi, basahilah tanah secukupnya. Lebih baik tanah tersebut yang mengandung lumpur atau seperti tanah yang terdapat di sawah. Lalu tutuplah dengan plastik dan diikat agar tanah yang menempel di batang tidak jatuh. Usahakan setelah kulit terkupas berilah waktu kira kira 3 jam untuk memberi tanah pada batang untuk di cangkok.


Mencangkok jeruk lemon
                            Proses Pencangkok 'an





     Setelah melalui langkah ketiga, langkah selanjutnya adalah agar tanah yang menempel di batang tersebut disirami secara rutin yaitu pagi dan sore dengan volume air secukupnya. Selanjutnya tinggal menunggu proses pertumbuhan akarnya. Kurang lebih selama 2 bulan barulah akan tumbuh akar akarnya.




Mencangkok jeruk lemon
               Tumbuh Akar banyak sekitar 2 bulan lebih



       Akarnya akan tubuh banyak setelah 2 bulan lebih.


     Pada gambar diatas, proses mencangkok tanaman ke 1 dan tanaman ke 2 tersebut sudah berjalan kurang lebih selama dua bulan lebih, barulah mulai siap untuk di potong, pada tanah tersebut sudah terlihat beberapa akar yang melekat pada tanah, akar tersebut akan keluar pertama dengan sendirinya kurang lebih 2 bulan.





Mencangkok jeruk lemon
                           Hasil cangkok telah dipotong




Setelah hasil cangkok tersebut dipotong dari batang induknya, sebaiknya dibiarkan dulu satu hari setelah itu barulah silahkan ditanam pada tanah yang telah dipersiapkan

Mencangkok jeruk lemon
                          Hasil cangkok 1 telah ditanam


                  Hasil cangkok 'an 2 setelah di tanam


Agar proses tumbuhnya berjalan dengan baik, usahakan bila menanam cangkok'an tersebut pada tanah di sore hari hal ini dimaksudkan agar tanaman tersebut dapat beradaptasi dulu dengan lingkungannya sebelum terkena sinar matahari langsung.


Nah pada kesempatan ini saya juga memperbanyak Jeruk Lemon dengan cara generatif, yaitu mengembang biakkan mulai dengan bibit. Bila saudara berminat ingin membeli dan menanam Jeruk Lemon dari BIJI  atau dari CANGKOK, silahkan hubungi pada layanan yang tertera.

Apabila ada suatu pertanyaan seputar mencangkok Jeruk Lemon, silahkan mengajukan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.


Terima kasih.

Mencangkok jeruk lemon
                                   Bibit Jeruk Lemon


Mencangkok Jeruk Lemon
                                 Bibit Jeruk Lemon


Layanan
+62812 4978 1542.
kotakzaini@gmail.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar